Salah satu sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah telur. Satu dari sekian banyak telur yang banyak di konsumsi oleh masayarakat adalah telur punyuh. Selain karena kandungan proteinnya yang tinggi, telur puyuh ini biasa diolah menjadi berbagai hidangan karena rasanya yang nikmat. Namun tahukah anda jika telur punyuh ini dianggap bisa menjadi penyebab kenaikan kadar kolesterol. Simak penjelasan berikut ini.
faroka
Benarkah lemak jenuh dalam telur puyuh memicu kolesterol dan darah tinggi?
Pada beberapa orang mungkin takut tekanan darahnya akan naik apabila mengonsumsi telur punyuh karena kandungan lemak jenuh yang terkandung dalam telur punyuh. Kolesterol darah yang meningkat bisa turut menyebabkan tekanan darah juga ikut meningkat. Tetapi kondisi demikian mungkin memerlukan waktu atau proses yang tidak sebentar.

Walaupun telur puyuh banyak mengandung lemak jenuh yang relatif tinggi yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, tetapi hal ini belum tentu bisa meningkatkan kadar kolesterol darah serta tekanan darah Anda.

Makanan yang tinggi kadar kolesterol nya belum tentu juga dapat menyebabkan Anda mengalami kolesterol tinggi serta tekanan darah tinggi. Tubuh sendiri sebenarnya memerlukan kolesterol untuk membuat hormon tertentu seperti memproduksi vitamin D serta membangun sel. Organ hati yang memproduksi kolesterol dalam tubuh tidak merubah semua kolesterol dari makanan menjadi kolesterol darah. Tetapi tubuh akan mengatur penggunaan kolesterol dalam mendukung fungsi tubuh serta untuk diubah menjadi kolesterol darah.

Jadi, bolehkah penderita kolesterol tinggi makan telur puyuh?
Pada kenyataanya, reaksi seseorang terhadap kadar kolesterol yang berasal dari makanan mungkin akan berbeda-beda. Ada beberapa orang yang mengalami kenaikan kolesterol tetapi hanya mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dalam kadar jumlah yang sedikit. Dan, ada juga beberapa orang lainnya tidak menunjukkan kenaikan kadar kolesterol yang berarti walau orang tersebut banyak mengonsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi.

Jadi, apabila Anda termasuk orang yang mudah mengalami kenaikan kadar kolesterol tinggi sesudah makan makanan berkolesterol, maka faroka sarankan sebaiknya membatasi mengkonsumsi jumlah telur puyuh. Anda masih diperbolehkan untuk mengonsumsi telur puyuh tetapi dengan jumlah yang mungkin tidak banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>